enjoy this blog

Kamis, 16 Februari 2012

definisi bidan


Bidan adalah profesi yang diakui secara nasional maupun intemasional oleh sejumlah praktisi di seluruh dunia. Definisi bidan menurut International Confederation of Midwives (ICM) tahun 1972 dan International Federation of Gynaecologist and Obstetritian tahun 1973, dan WHO: A midwife is a person who having been regularly admitted to a midwifery educational program fully recognized in the country in which it is located, has successfully completed the prescribed course of studies in midwifery and has acquired the requiste qualifications to be registered and/or legally licensed to practice midwifery. She must be able to give the necessary supervision, care, and advice to women during pregnancy labor, and postpartum to conduct deliveries on her own responsibility and to care for the newborn and the infant. This care includes preventive measure, the detection of abnormal condition in mother and child. The procurement of medical assistance, and the execution of emergency measures in the absence of medical help. She has an important task in counseling and education, not only for patients, but also within the family and community. Their work should involve antenatal education and preparation for parenthood and extend to certain areas of gynecology, family planning and child care. She may practice in hospitals, clinics, health units, domiciliary conditions or any other service (bidan adalah seseorang yang telah menyelesaikan program pendidikan bidan yang diakui oleh negara serta memperoleh kualifikasi dan diberi izin untuk menjalankan praktik kebidanan di negeri tersebut, Ia harus mampu memberi supervisi, asuhan, dan memberi nasihat yang dibutuhkan wanita selama hamil, persalinan, dan masa pascapersalinan, memimpin persalinan atas tanggung jawabnya sendiri serta asuhan pada bayi baru lahir dan anak. Asuhan ini termasuk tindakan preventif, pendeteksian kondisi abnormal pada ibu dan bayi, dan mengupayakan bantuan medis serta melakukan tindakan pertolongan gawat-darurat pada saat tidak ada tenaga medis lain. Bidan mempunyai tugas penting dalam konsultasi dan pendidikan kesehatan, tidak hanya untuk wanita tersebut, tetapi juga termasuk keluarga dan komunitasnya. Pekerjaan itu termasuk pendidikan antenatal, dan persiapan menjadi orang tua dan meluas ke daerah tertentu dari ginekologi, keluarga berencana, dan asuhan anak. Bidan bisa berpraktik di rumah sakit, klinik unit kesehatan, rumah perawatan atau tempat pelayanan lain.)

Definisi bidan di Indonesia adalah seorang wanita yang telah mengikuti dan menyelesaikan pendidikan kebidanan yang telah diakui pemerintah dan telah lulus ujian sesuai dengan persyaratan yang berlaku dan memperoleh kualifikasi untuk registrasi dan memperoleh izin untuk melaksanakan praktik kebidanan.
Definisi bidan (ICM, 2005) adalah seorang yang telah berhasil/ sukses menyelesaikan pendidikan bidan yang terakreditasi dan diakui negara, telah memperoleh kualifikasi yang dibutuhkan untuk didaftarkan mendapat sertifikat dan/atau secara resmi diberi lisensi untuk melakukan praktik kebidanan. Ia diakui sebagai profesional yang bertanggung jawab dan akuntabilitas terhadap pekerjaannya, bermitra dengan perempuan, memberi dukungan, asuhan dan nasihat yang diperlukan selama hamil, bersalin dan masa nifas, untuk memfasilitasi kelahiran atas tanggung jawabnya sendiri.
Pokok-pokok yang terdapat dalam definisi bidan adalah pendidikan formal, kemitraan, evidence-based, dan tanggung jawab mandiri. Lingkup asuhan kebidanan meliputi prevensi dan promosi kesehatan, deteksi dini komplikasi ibu dan bayi, dan pengenalan kegawatdaruratan, serta keterampilan menanganinya. Tugas pen ting yang dilaksanakan bidan mencakup KIE (komunikasi, informasi dan edukasi) dan KIPK (komunikasi interpersonal/konseling) untuk ibu, keluarga, dan masyarakat, pendidikan antenatal, dan persiapan menjadi orang tua, kesehatan reproduksi perempuan, keluarga berencana, dan pemeliharaan kesehatan anak. Tempat kerja/praktik bidan adalah di rumah, masyarakat, klinik/rumah bersalin, rumah sakit, dan pusat pelayanan kesehatan lain.
Kebidanan (midwifery) merupakan ilmu yang terbentuk dari sintesis berbagai disiplin ilmu (multidisipiln) yang terkait dengan pelayanan kebidanan meliputi ilmu kedokteran, ilmu keperawatan, ilmu sosial, ilmu perilaku, ilmu budaya, ilmu kesehatan masyarakat, dan ilmu manajemen untuk dapat memberi pelayanan kepada ibu dalam masa prakonsepsi, hamil, bersalin, nifas, dan bayi barn lahir. Pelayanan tersebut meliputi pendeteksian keadaan abnormal pada ibu dan anak, melaksanakan konseling dan pendidikan kesehatan terhadap individu, keluarga, dan masyarakat.
Pustaka
Konsep Kebidanan Sejarah dan Profesionalisme Oleh Atik Purwandari, A.Md.Keb., SKM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar